Rencana pemasaran Usaha “Mie Ayam Unggu”
Rencana Pemasaran adalah proses menentukan dengan tepat
untuk mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa sampai mencapai
tujuannya yang sedang direncanakan sehingga dapat memuaskan para pembeli.
Dalam membuat rencana pemasaran kita harus terlebih dahulu
melakukan analisis pasar atau peluang apa yang sedang diminati oleh konsumen.misal
dengan membuat rencana usaha baru yang unik serta menarik perhatian para
konsumen,memunculkan hal yang kreatif serta harga yang terjangkau bagi semua
kalangan.misalnya kita membuat rencana pemasaran” MIE AYAM UNGGU”.produk
tersebut adalah salah satu produk yang sangat digemari oleh banyak konsumen.Bahannya
juga tidak menggunakan bahan pengawet serta warna unggunya dari “Bayam
Unggu”.makanan tersebut sangat sehat untuk dikonsumsi.Di Era modern ini banyak
makanan yang cepat saji serta dapat menimbulkan berbagai penyakit yang
mematikan.banyak makanan yang mengandung pengawet,serta kurang sehat untuk
dikonsumsi.untuk itu ada beberapa penjual membuat jenis makanan yang bebas dari
pengawet serta baik buat kesehatan seperti halnya “Mie Ayam Unggu”ini.Untuk memasarkan
produk tersebut kita harus mempunyai 4P yaitu : Product(Barang) , Price(HArga)
, Place(Tempat) , Dan Promosi.
Dalam memasarkan produk,kita terlebih dahulu harus
menentukan target pasar,misalnya data demografi yang lengkap seperti : usia, jenis
kelamin, karir, tingkat pendapatan atau di mana pelanggan tinggal. Makin detail
makin bagus, sehingga nanti kita bisa dengan mudah mencari model promosi yang
tepat.kemudian kita kenali pesaing maksudnya kita harus tahu apa persamaan dan
perbedaan produk kita dengan pesaing.
Untuk Penentuan harga kita dapat membuat berdasarkan
tujuan dan target pasar.lalu buat harga yang bervariasi yang memungkinkan orang
tertarik.Buatlah strategi promosi yang efisien,dengan melalui web_web,mulut
kemulut dan selembaran promo.Dalam melakukan promosi kita juga harus
menganalisis kekuatan dan kelemahan produk kita.Dalam membuat rencana pemasaran
kita harus mempunyai visi dan misi sehingga kita memantau perkembangan usaha
kita atau menacari jalan keluar jika usaha kita mengalami kepailitan.jadi kita
bisa cepat tanggap dan mencari alternatif lainnya sehingga uasaha kita terus
berkembang dan melekat dihati pelanggannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar