Jumat, 13 Desember 2013

Tugas Sofkilll



Alur pemrosesan data
Input >>> i/o >>> proses >>> memori >>> storage >>> memori >>> proses >>> i/o >>> output

Keterangan:

Input          : data yang akan di proses atau dibuat.
I/O              : Input / Output.
Proses         : Pengolahan data yang dimasukkan.
Memori       : Tempat menyimpan data sementara pada saat data diproses.
Storage       : Tempat menyimpan data secara permanen seteah diproses.
Output       : Hasil dari proses yang berupa tampilan, suara, cetakan.

Pada Sistem Komputer memiliki siklus pengolahan yang pasti yaitu Input aktifitas pemberian data kepada komputer. data dapat diterima oleh komputer dengan baik karena komputer mempunyai peralatan yang disebut dengan input device.Input device pada komputer ini bermacam jenis,seperti keyboard,pembaca kode pada transaksi di mall-mall,kamera untuk menangkap gambar dsb.Informasi yang di dapat oleh input device akan langsung diproses lebih lanjut,dan informasi tersebut akan di simpan dalam media penyimpanan.Jika data tersebut akan diolah lebih lanjut,maka data tersebut akan diolah sesuai dengan ketentuan yang telah disusun dalam otak computer.ketentuan yang disusun dalam otak computer adalah sebuah instruction set yang merupakan buku perintah yang kan melakukan pemrosesan.Pemrosesan ini bertujuan untuk menjalankan perintah yang diterima dari program.Program adalah kumpulan instruction set yang akan dijalankan oleh pemroses yang berupa software.

Cara Kerja computer
  • Memori
Memori adalah urutan byte (seperti "sel" atau "lubang burung dara"), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel berisi data yang diperlukan computer  untuk melakukan suatu perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali dan dihapus kembali.

·         Pemrosesan (CPU)

CPU, singkatan dari Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak.CPU berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.


  • Input dan hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy).
  •  Instruksi
Pada perintah yang dibicarakan,computer tidak mengunakan perintah seperti bahasa manusiawi,namun computer mempunyai jumlah terbatas dalam perintah sederhana yang dirumuskan dengan baik.
  • Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. Biasanya, memori komputer ditempatkan di beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem  atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama - mereka mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.

  • Program
Program komputer adalah serangkaian instruksi berurutan yang ditulis untuk melakukan serangkaian tugas untuk komputer.Pada Program komputer  terdapat daftar besar perintah untuk dilakukan oleh computer. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Komputer melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur, "programmer." kenyataannya, CPU melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya.

  •    Sistem opersi

Sistem operasi merupakan semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Sistem operasi ini menentukan program yang mana yang akan dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.

 Faktor yang mempengaruhi kecepatan proses

1.      -Register
 menyimpan instruksi selama proses berjalan, ukuran sesuai dengan jumlah data yang dapat diproses dalam saty waktu (Reg ukuran 32 bit berarti dapat memproses 4 byte data dalam satuan waktu
2.      -RAM
 semakin besar RAM maka semakin banyak data yang disimpan sehingga akses ke data lebih cepat. Jika ukuran aplikasi besar dan tidak cukup untuk diload sekalian ke dalam memori maka dilakukan proses segmentasi dan swapping (pemindahan data dari memory ke storage)
3.      -CPU clock
 semakin tinggi clock CPU maka semakin cepat / semakin banyak perintah yang dapat dieksekusi
4.      -Bus / datapath
 menentukan besarnya data yang dapat ditransmisikan antara CPU dan device yang lain. ( seperti jalan raya)
5.      -Cache memory
semakin cepat, dan besar cache maka proses akan menjadi lebih cepat

–        Clock : Hertz
–        Siklus mesin :Fetch, decode, execute
–        MIPS (Millions of Instructions Per Second)
–        MFLOATS (Millions of Floating point Per Second)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar