Alur pemrosesan data
Keterangan:
Input : data yang akan di proses atau dibuat.
I/O : Input / Output.
Proses : Pengolahan data yang dimasukkan.
Memori : Tempat menyimpan data sementara pada saat data diproses.
Storage : Tempat menyimpan data secara permanen seteah diproses.
Output : Hasil dari proses yang berupa tampilan, suara, cetakan.
I/O : Input / Output.
Proses : Pengolahan data yang dimasukkan.
Memori : Tempat menyimpan data sementara pada saat data diproses.
Storage : Tempat menyimpan data secara permanen seteah diproses.
Output : Hasil dari proses yang berupa tampilan, suara, cetakan.
Pada Sistem Komputer memiliki siklus
pengolahan yang pasti yaitu Input aktifitas
pemberian data kepada komputer. data dapat diterima oleh komputer dengan baik
karena komputer mempunyai peralatan yang disebut dengan input device.Input
device pada komputer ini bermacam jenis,seperti keyboard,pembaca kode pada
transaksi di mall-mall,kamera untuk menangkap gambar dsb.Informasi yang di
dapat oleh input device akan langsung diproses lebih lanjut,dan informasi
tersebut akan di simpan dalam media penyimpanan.Jika data tersebut akan diolah
lebih lanjut,maka data tersebut akan diolah sesuai dengan ketentuan yang telah
disusun dalam otak computer.ketentuan yang disusun dalam otak computer adalah
sebuah instruction set yang merupakan buku perintah yang kan melakukan
pemrosesan.Pemrosesan ini bertujuan untuk menjalankan perintah yang diterima
dari program.Program adalah kumpulan instruction set yang akan dijalankan oleh
pemroses yang berupa software.
Cara Kerja computer
- Memori
Memori adalah urutan byte (seperti "sel"
atau "lubang burung dara"), masing-masing berisi sepotong kecil
informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada
komputer apa yang harus dilakukan. Sel berisi data yang diperlukan computer untuk melakukan suatu perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai
angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded)
dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan
angka-angka. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan
gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang disimpan
dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali dan dihapus kembali.
·
Pemrosesan (CPU)
CPU, singkatan dari Central
Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima
dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak.CPU berperanan untuk memproses
arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system
komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti
input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
- Input dan hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari
dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik
(hardcopy) atau non fisik (softcopy).
- Instruksi
Pada perintah yang dibicarakan,computer
tidak mengunakan perintah seperti bahasa manusiawi,namun computer mempunyai
jumlah terbatas dalam perintah sederhana yang dirumuskan dengan baik.
- Arsitektur
Komputer
kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang
dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. Biasanya, memori komputer
ditempatkan di beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. Alat yang
menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar
berbeda dari model di atas di satu hal utama - mereka mempunyai beberapa CPU
dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa
komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran
ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah
menemukan sedikit penggunaan komersial.
- Program
Program komputer adalah serangkaian instruksi berurutan
yang ditulis untuk melakukan serangkaian tugas untuk komputer.Pada Program
komputer terdapat daftar besar perintah
untuk dilakukan oleh computer. Banyak program komputer berisi jutaan perintah,
dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Komputer melakukan jutaan
perintah sederhana yang diatur, "programmer." kenyataannya, CPU
melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, CPU
beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya.
- Sistem opersi
Sistem operasi merupakan semacam gabungan dari
potongan kode yang berguna. Sistem operasi ini menentukan program yang mana
yang akan dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang
mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain,
seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk
suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang
terhubung.
Faktor yang mempengaruhi
kecepatan proses
1.
-Register
menyimpan instruksi selama proses berjalan, ukuran
sesuai dengan jumlah data yang dapat diproses dalam saty waktu (Reg ukuran 32
bit berarti dapat memproses 4 byte data dalam satuan waktu
2. -RAM
semakin besar RAM maka semakin banyak data yang disimpan
sehingga akses ke data lebih cepat. Jika ukuran aplikasi besar dan tidak cukup
untuk diload sekalian ke dalam memori maka dilakukan proses segmentasi dan
swapping (pemindahan data dari memory ke storage)
3. -CPU
clock
semakin tinggi clock CPU maka semakin cepat / semakin
banyak perintah yang dapat dieksekusi
4. -Bus /
datapath
menentukan besarnya data yang dapat ditransmisikan
antara CPU dan device yang lain. ( seperti jalan raya)
5. -Cache
memory
semakin cepat, dan besar cache maka proses akan menjadi
lebih cepat
–
Clock : Hertz
–
Siklus mesin :Fetch, decode, execute
–
MIPS (Millions of Instructions Per Second)
–
MFLOATS (Millions of Floating point Per Second)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar